Laman

Minggu, 20 Februari 2011

Beberapa Fakta menarik tentang Doraemon bag.2

ini dia lanjutannya..
Cekidot :
24. Sebenarnya yang merancang & yang membuat doraemon dan adiknya siapa sih? Kok masih ada perdebatan di mana-mana?

Nah... sekarang mari kita meneliti pertanyaan yang menarik: siapakah pembuat Doraemon dan Dorami yang sebenarnya?
Yang menjadi penyebab konflik adalah beredarnya "ending" Doraemon yang menyatakan bahwa Doraemon mengalami malfungsi, di mana Nobita terpacu untuk belajar keras, menikah dengan Shizuka, dan akhirnya menjadi ilmuwan handal. Di versi ending ini, pencipta Doraemon tidak lain dan tidak bukan adalah Nobita. Ini adalah ending yang "sangat masuk akal" dan "melengkapi lingkaran cincin epos dan mitos antara persahabatan Doraemon dan Nobita, sebuah hubungan persaudaraan yang sudah melebihi ikatan antara manusia dan robot, bahkan melebihi saudara kandung".
Tapi sayangnya... faktanya Doraemon tidak pernah, atau belum memiliki ending.
Cerita "ending" di mana Nobita menciptakan Doraemon di atas hanyalah sekedar "doujinshi" (semacam manga berjenis fanfiction alias tidak diterbitkan oleh sang pembuat aslinya) yang konsep awalnya dikembangkan oleh Nobuo Sato kemudian diterbitkan oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005.
Nahhh... lalu, betulkah sang pencipta Doraemon dan Dorami tidak pernah muncul di film?
Jawabannya: pernah. Dan ia hanya dijuluki sebagai "The Scientist" (sang ilmuwan) sehingga menjadikannya tokoh yang "memiliki kesempatan terbuka dalam penceritaan, akan siapa sebenarnya jati diri sesungguhnya". Well... yang pasti kemungkinan itu adalah Nobita sangat kecil, karena Doraemon diciptakan di masa Sewashi (cicit-cicit-cicittttnya Nobita) di mana Nobita pasti sudah almarhum.
Wajah Sang Ilmuwan: http://u.kaskus.us/2/iy3i9yqk.jpg

25. Kenapa Doraemon "harus" takut sama tikus? Yang jadi pertanyaannya kenapa "harus"?
Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidur siang... tapi saya yakin bukan ini jawaban yang dicari Readers.
Mengapa"harus" takut sama tikus? Jawabannya mungkin agak tidak bermutu dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini saya: ya karena Fujiko Fujio maunya begitu.
Was I joking? No, seriously! Fujiko Fujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya2 mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur2 humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.
Dengan dasar pikiran begitu... saya hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu.) sebagai running gag di Doraemon... maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang "adorable" dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut dengan hanya.... tikus, mangsa alaminya.

26. Sebenernya bahan pembuat dorayaki itu apa, sih?
Wah...pertanyaan paporit saya nih... Soalnya tentang makanan... Hahaha nyam nyam nyam...
Mari kita bedah bersama "isi" dari Dorayaki [ドラ焼き] ini. Kue berbentuk "dora" (gong) ini sesungguhnya adalah salah satu cemilan khas Jepang yang sudah terkenal bahkan sebelum Doraemon ada. Dorayaki dibuat dari setangkup (2 buah) patty yang dibuat dari mastella, dan diisi dengan pasta kacang merah...yummy!
Dorayaki di beberapa daerah seperti Nara disebut juga Mikasa [三笠] yang bisa diartikan sebagai "tiga topi jerami" atau nama lain dari Gunung Wasakusa. Karena orang yang menikmati pemandangan gunung tsb biasanya sambil makan roti ini, maka roti ini disebut roti Mikasa, Readers.
Di Indonesia, Dorayaki biasanya isinya digantikan dengan coklat atau keju coklat, meski tak sedikit toko kue yang mengisinya dengan kacang+coklat. Saya udah pernah coba satu deket mall di Cirebon, Readers. Rasanya? Hmmm... MAKNYUS!

27. Paman Kaminari tidak punya istri?
Buat Readers yang belum tahu, Paman Kaminari adalah tokoh di Doraemon, seorang om2 yang punya rumah deket lapangan yang biasa dipakai Nobita&kawan2nya bermain baseball. Menjadi salah satu humor di dalam serial ini bahwa mereka seringkali memecahkan kaca rumah Kaminari saat bermain baseball, dan pasti Nobita-lah yang disuruh oleh Giant dan Suneo untuk mengambil bolanya dan meminta maaf...hanya agar Nobita dimarahi dan di-kejar2 oleh si Kaminari.
Ini pic-nya Paman Kaminari: http://www.ootte.com/i/Doraemon/Kaminari.jpg
Nah sekarang jawaban dari pertanyaan di atas. Yeah! Saya sendiri memang belum tahu (dan belum pernah menemukan) adegan yang memberitahu apakah Kaminari memiliki istri, serta siapa nama istrinya. Maaf, saya benar2 gak tau soal yang ini. Kalau ada Readers yang bisa bantu, beritahu saya ya... thanks.

28. Apakah doraemon mempunyai teman sesama robot?
Punya dong.. Teman2nya antara lain Wangdora (robot dora silat2 kerjaannya, di Cina), Doramed (robot dora berpakaian arabic. jadi raksasa kalau marah), Dorarinyo (pelupa-suka soccer dari brazil), Doranicov (bisu. jadi srigala kalau lihat benda bulat), Dorathekid (robot dora pd masa koboi), El matadora (robot dora di spanyol) dan Dorami. Hahaha. Itulah nama teman-teman Doraemon dari serial spin-off Doraemon, yakni The Doraemons (yang sudah terbit di Indonesia). Dan... Doraemon sendiri juga cukup sering dikunjungi oleh teman-temannya dari masa depan di serial anime-nya. Contohnya adalah Toraemon, Pawaemon, dan Gatchako. Mantan pacar Doraemon juga seekor robot kucing, namanya Noramyako.
Mungkin yang paling terkenal adalah Toraemon ya, semacam "rival" dari Doraemon... sebab banyak orang yang membuat gambarnya... berikut adalah salah satu ilustrasinya: http://u.kaskus.us/2/w5q9gyn4.gif
Lalu, dalam serial spin-off lainnya yakni "Dorabase" (juga sudah terbit di Indonesia), diceritakan bahwa Doraemon memiliki teman akrab yakni Kuroemon, protagonis utama di cerita ini. Doraemon dulu-nya pitcher di teamn Kuroemon, sampai saat di mana ia harus meninggalkan tim untuk merawat Nobita.
Ini Kuroemon dan kawan-kawannya, maaf gambarnya agak "tipis": http://ppsh.ngeblogs.com/files/2009/09/dorabase_8001.jpg

29. Kenapa Nobita harus kelas 5 SD dan sampai sekarang pun masih kelas 5 SD?
Untuk tambahan saja, Nobita sesungguhnya kelas 4 SD... namun dalam versi Indonesia ia adalah kelas 5 SD.
Sampai saat ini, belum ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan yang satu ini. Namun, saya hanya bisa memberi dugaan bahwa memang seperti itulah keinginan Fujiko Fujio. Fujiko Fujio pernah menyampaikan bahwa mereka ingin membuat cerita yang bersifat edukatif untuk semua umur, termasuk anak-anak. Nobita dan kawan-kawannya terus-menerus kelas 5 SD agar serial Doraemon ini bisa terus ditonton oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Kalau Nobita dan kawan-kawannya bertambah besar, lalu perasaan "semi-romantisme" alias cinta nyomet Nobita ke Shizuka berubah jadi romantisme beneran, nanti cerita Doraemon nggak layak tonton buat anak2 dong?

30. Lalu ada keterangan lebih lanjut tidak tentang Fujiko Fujio, pengarang Doraemon? Apa dia masih hidup sampai saat ini?
Salah satu dari mereka sudah meninggal. Ya, banyak yang belum tahu bahwa Fujiko Fujio adalah 2 orang (Fujiko F. Fujio dan Fujiko A. Fujio). Duo ini pecah tahun 1987. Kemudian, Fujiko F. Fujio meninggal pada 23 September 1996 karena penyakit pada liver-nya. Fujiko A. Fujio sendiri menurut kabar, belum meninggal sampai saat ini.
Hanya saja, karena sejak pecahnya duo ini semenjak 1987, Fujiko F. Fujio meneruskan karya ini sendirian di bawah pen-name nya... sehingga beliau yang mendapat hak dan royalti penuh atas Doraemon.
Pengisi suara karakter Doraemon di Indonesia adalah Nurhasanah, kemudian sempat diganti (tapi saya lupa nama penggantinya), kemudian menjadi Nurhasanah lagi sejak munculnya Movie Doraemon: Petualangan Nobita dan Dinosaurus (remake).

31. Doraemon kan sering tuh ngobrol sama "meong" asli, kenapa dia malah tertarik sama "meong" asli, ya? Emang dia gak pernah punya pacar apa waktu masih di masa depan?
Doraemon sempat punya pacar kok di abad 22. Coba cek informasi sebelumnya untuk lihat nama pacarnya. Doraemon tertarik dengan kucing asli karena... ya karena ia adalah robot kucing dari abad 22 yang hidup di zaman Nobita (abad 20). Karena di zaman Nobita tidak ada robot kucing, ya kucing asli pun tidak apa-apa kan, toh Doraemon, meski ia "robot", namun ia juga masih memiliki sisi "kucing". Hehe.

32. Kenapa Doraemon sering dikira musang?
Wah, satu lagi pertanyaan yang saya agak sukar cari jawabannya, karena tidak pernah ada alasan yang benar-benar jelas. Mungkin ini semacam pun (gurauan) saja dari Fujiko F. Fujio. Musang dan cerpelai menurut kebudayaan Jepang adalah hewan yang tricky dan memiliki banyak akal, mungkin sesuai dengan image Doraemon yang "ajaib" dengan segala perlatannya tersebut. Dan Doraemon kalau sekeliling matanya diwarnai hitam memang agak mirip musang ketimbang kucing.

33. Tahu nama pacarnya Doraemon yg kucing beneran? Saya lupa namanya...
Namanya adalah Mii-chan. Hehe.

34. Kan sebenarnya Doraemon itu punya kuping, otomatis sebagai adik yang dibuat dalam satu tangki si Dorami juga harusnya punya kuping kan.
Tapi kok saya gak pernah liat kupingnya Dorami ya? Apa yang warna merah itu, soalnya itu lebih mirip pita dibanding kuping.
Iya benar, yang merah-merah itu. Itu benar kupingnya kok. Namun tampak seperti pita sebagai hiasan juga, karena Dorami kan cewek jadi harus sedikit berbeda... Kalau plain kuning juga seperti Doraemon (awalnya) kan tampak biasa-biasa saja dong.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar